Jumat, 17 Juni 2016

ASAL USUL KELURAHAN KAMPUNGDALEM

Pada waktu masa silam, wilayah Kampungdalem merupakan wilayah Pusat Pemerintahan Paduka, atau Yang Mulia, atau Ngarso Ndalem Bupati Pringgo Kusumo. Tepatnya sekarang dinamakan Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, yang terletak di Kelurahan Kampungdalem bagian barat. Apabila ditinjau zaman sekarang, posisi keberadaan pendopo tersebut berada di sebelah utara Alun-alun Kota Tulungagung.

Disamping sebagai pusat pemerintahan wilayah ini juga di tempati oleh Abdi Dalem Pringgo Kusumo, diantaranya Roro Wijoyo, Musirin, dan Karsontono, yang wilayahnya disebut Tanah Kaputren yang terletak di Kelurahan Kampungdalem bagian Timur. Karena wilayah ini di tempati Ngarso Ndalem dan Abdi Ndalem Bupati, maka wilayah ini dinamakan Kampunge Ngarso Dalem atau Kampunge Abdi Ndalem dan sampai sekarang bernama Kampungdelem.
Adapun pimpinan-pimpinan yang pernah menjabat di Kelurahan Kampungdalem, diantaranya:
1.      Mangun Suwidji
2.      Dasuki
3.      Sujut
4.      Soejanto
5.      Edy Soetrisno
6.      H. Moch. Jasin
7.      Djanoe Soekito
8.      Sugeng Riyadi
9.      Suhartono, S.Sos
10.  Endra Kusriawan, S.STP., M.Si
11.  Drs. Tony Suparwis
12.  Eko Budiono, S.Sos.
Wilayah keberadaan Kelurahan Kampungdalem merupakan hamparan suatu wilayah administrasi yang memiliki batas-batas wilayah, yaitu:
Ø  Sebelah utara berbatasan dengan Kelurahan Kenayan
Ø  Sebelah timur berbatasan dengan Kelurahan Kepatihan
Ø  Sebelah selatan berbatasan dengan Kelurahan Bago
Ø  Sebelah barat berbatasan dengan Kelurahan Kauman
Adapun luas wilayah Kelurahan Kampungdalem menurut penggunaannya merupakan wilayah pemukiman atau perumahan, yaitu 37,26 Ha, sawah lading 10 Ha, dan wilayah perdagangan 2,48 Ha. Sehingga total luas wilayah Kelurahan Kampungdalem adalah 49,74 Ha.

Demikianlah selayang pandang mengenai daerah Kelurahan Kampungdalem, yang terdapat di daerah Tulungagung. Setidaknya tulisan mengenai kedaerahan kali ini memiliki potensi yang positif terhadap masyarakat.

Tidak ada komentar:

Bagi temen-temen yang ingin komunikasi bisa langsung via email: guschod@gmail.com dan terima kasih atas apresiasinya selama ini. Pendokumentasian dalam bentuk tulisan ini merupakan rentetan perjalanan di lapangan.

Follow by Email

PENELUSURAN BLOG

Kontak Persahabatan

Nama

Email *

Pesan *

Artikel Terkini

Klik Gambar Menuju Beranda

Kli Gambar Menuju Koleksi Buku Hasil Penelitian