Jumat, 17 Juni 2016

ASAL USUL KELURAHAN BOTORAN

Sejarah Kelurahan Botoran diperoleh berdasarkan cerita masyarakat yang tidak ada bukti tertulisnya. Keberadaan sejarah Kelurahan Botoran yang awal membabad pertama kali adalah Mbah Nuryahman. Bukti keberadaan makamnya sampai sekarang masih ada, serta masih banyak yang menziarahi oleh masyarakat. Pada tahun 1948-1985 merupakan sebuah desa dengan dipimpin oleh kepala desa. Adapun yang pernah memimpin desa Botoran, diantara;

1.      Kepala Desa Bapak Suro Sentono
2.      Kepala Desa Bapak Binodo
3.      Kepala Desa Bapak Yusuf Rois
4.      Kepala Desa Bapak Sukatman
5.      Kepala Desa Bapak Arifin
6.      Kepala Desa Bapak Supeno
Dengan adanya perkembangan zaman, keberadaan selanjutnya Desa Botoran berubah menjadi Kelurahan Botoran pada tahun 1986, dan dipimpin oleh seorang Kepala Kelurahan. Pada tahun 1986-1998, Kelurahan Botoran dipimpin oleh Lurah Samsul Bahrun. Pada tahun 1998- PLT dipimpin oleh Rudi, tahun 1998-2006 dipimpin oleh Bapak Hawidji Yulianto, dan pada tahun 2006-2007 dipimpin oleh Lurah Widjayadi, tahun 2007 PLT dipimpin oleh lurah Poerwahono, dan tahun 2007 sampai sekarang (2015) dipimpin oleh Lurah Damijanto.
Demikian kilasan catatan kesejarahan Kelurahan Botoran, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung. Berdasarkan wilayah Kelurahan Botoran, terletak di Kecamatan Tulungagung dengan luas wilayah 600.000 M. Kelurahan Botoran terletak pada ketinggaan tanah atas permukaan laut 85 Meter. Selain itu beriklim tropis yang mempunyai dua musik, yaitu musim kemarau dan musim hujan, dengan curah hujan 160 m/tahun, dan suhu udara rata-ratan 20-30 Co.
Kelurahan Botoran dibagi menjadi 6 Rw dan 26 Rt. Lebih jelasnya keberadaan mengenai Rw/Rw, adalah;


No
Jumlah RW
Jumlah RT
1.
2.
3.
4.
5.
6
I
II
III
IV
V
VI
4
4
4
4
5
5

Kelurahan Botoran memiliki batas-batas daerah, diantaranya:
-          Sebelah utara   : Desa Mangunsari, Kecamatan Kedungwaru
-          Sebelah selatan  : Kelurahan Sembung, Kecamatan Tulungagung
-          Sebelah Barat     : Desa Batangsaren, Kecamatan Kauman
-          Sebelah Timur   : Kali Ngrowo, Kecamatan Tulungagung

Catatan kesejarahan mengenai Kelurahan Botoran ini setidaknya menjadi catatan lembaran kesejarahan yang dapat dijadikan bukti, dan juga adanya Desa Botoran. Demikian sekilas cerita singkat asal-usul babad Kelurahan Botoran, Kecamatan Tulungagung. Semoga lembaran sejarah ini bisa dikenang oleh anak cucu, sekaligus menambah wawasan bagi warga masyarakat Kelurahan Botoran khususnya.

Tidak ada komentar:

Bagi temen-temen yang ingin komunikasi bisa langsung via email: guschod@gmail.com dan terima kasih atas apresiasinya selama ini. Pendokumentasian dalam bentuk tulisan ini merupakan rentetan perjalanan di lapangan.

Follow by Email

PENELUSURAN BLOG

Kontak Persahabatan

Nama

Email *

Pesan *

Artikel Terkini

Klik Gambar Menuju Beranda

Kli Gambar Menuju Koleksi Buku Hasil Penelitian