Jumat, 01 Agustus 2014

Film Folklor 2011




Kultur atau kebudayaan, yang memiliki khasanah kekayaan dalam setiap nilai-nilai yang terkandung dalam kebudayaan tersebut, merupakan wujud harmonisasi antara manusia, lingkungan, dan kebudayaan. Apapun yang terdapat di kalangan masyarakat, bahwasanya kultur atau kebudayaan merupakan anugerah yang tidak ternilai keberadaannya, saat itulah kultur mengakar kuat pada masyarakat. Jelas sudah bahwasanya masyarakat memiliki peran penting didalam membudaya, dan menghasilkan budaya itu sendiri.

Folklor merupakan keberadaan rangkaian kesejarahan lisan yang berada di kalangan masyarakat daerah. Setiap daerah memiliki ke-khasan tersendiri didalam keberadaan cerita rakyat, atau folklor. Memang semakin hari, keberadaan folklor sendiri mulai musnah, dan sama sekali terjauh dari posisi kehidupan generasi muda. Meskipun masih ada, itupun tutur lisan dari para leluhur-leluhur terdahulu, sehingga folklor sendiri memiliki akar turun temurun.

Disinilah perlunya keseriusan didalam mendokumentasikan cerita lisan yang ada di daerah. Memang memerlukan keseriusan yang cukup, didalam pengerjaan proyek untuk mendokumentasikan folklor dalam bentuk teks. Ruang dan waktu menjadi tumpuan didalam pendokumentasian. Setidaknya kesadaran disetiap generasi, masyarakat, dan khususnya pemerintahan daerah, dinas terkait, menjadi power tersendiri didalam penggerakan cinta akan cerita lisan yang ada di daerahnya masing-masing.

Tiada hari tanpa berturu lisan, setidaknya mampu dijadikan acuan didalam pengarsipan kesejarahan, legenda, dan mitos yang ada di kalangan masyarakat. Hidup hidupilah keberadaan kearifan di masyarakat, untuk menunjukkan jati diri daerah yang mampu mengangangkat kearifan lokal menjadi bijak.
Bagi temen-temen yang ingin komunikasi bisa langsung via email: guschod@gmail.com dan terima kasih atas apresiasinya selama ini. Pendokumentasian dalam bentuk tulisan ini merupakan rentetan perjalanan di lapangan.

Follow by Email

PENELUSURAN BLOG

Kontak Persahabatan

Nama

Email *

Pesan *

Artikel Terkini

Klik Gambar Menuju Beranda

Kli Gambar Menuju Koleksi Buku Hasil Penelitian